Tak terasa sudah lima tahun malang
melintang dalam dunia per"biker"an. Awalnya hanya sekedar rolling
thunder ke puncak bogor sudah luar biasa bangganya. Sebagai anggota klub motor
tiger (HTOG Jakarta 019) selalu tertantang untuk menaklukkan setiap daerah yang
akan dilewati. Alhamdulillah dari ujung Jakarta roda motor tigerku telah
menggilas jalanan seluruh pulau jawa. Hanya madura yang belum kesampaian,
maklum baru nyampe ujung jembatan suramadu saja karena waktu itu tanggal 1
januari harus sudah menapak gunung bromo.
Pulau Bali telah kutaklukkan dan Daratan
Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa juga telah tuntas kucapai. Alhamdulillah
keinginan untuk bisa menaklukkan pulau Sumatra akhirnya dapat kuwujudkan
bersama teman teman HTOG. Pada tanggal 25 Desember 2008 hingga 4 Januari 2009,
kami 6 orang dari Tim HTOG road to 0 km Sabang Pulau Weh berhasil melaksanakan
misi untuk menancapkan prasasti klub kami di dekat prasasti titik nol kilometer
RI di Pulau Weh.
Suatu perjalanan yang penuh perjuangan dan
kenangan yang tidak dapat kami lupakan dengan segala suka duka dalam perjalanan
pulang pergi menaklukkan pulau sumatra dari Lintas Timur hingga Lintas Tengah.
Sudah tak terhitung lagi berapa banyak event anniversary klub-klub tiger
lainnya yang telah kudatangi bahkan hingga ada yang berulang. Tak terasa dalam
pusaran waktu yang terlewati, timbul rasa jenuh untuk menjadi seorang biker.
Dalam arti kata bagaikan putaran roda, saat ini mungkin saya dalam posisi di
bawah.
Sekarang ini setiap ada event ulang tahun
klub motor, yang terbersit pertama di kepala adalah apakah saya sudah pernah ke
touring ke daerah tersebut ataukah ada acara yang lain daripada yang lain.
Ternyata saya terbentur pada suatu realita bahwa event itu di adakan oleh klub
motor daerah yang pernah saya sambangin, bahkan hingga dua kali. Apakah ada
trek baru yang bisa dicoba atau acara yang digagas oleh HTCI (Honda Tiger Club
Indonesia).
Hampir keseluruhannya sudah "tidak
menarik" lagi dan sudah "tidak ada tantangannya" lagi. Alhasil
hanya rasa jenuh dan buang-buang waktu yang ada di otak saya. Apalagi sekarang
dibumbui dengan kelakuan klub-klub tiger yang seperti anak kecil. Ngajakin
musuhan dengan sesama klub tiger tanpa alasan yang masuk akal dan tidak
prinsip. Nggak jelas apakah masalah pribadi dibawa ke klub atau ada sebab lain.
Tapi yang jelas realita terjadinya aksi perkelahian dan saling menghina satu
sama lain adalah satu hal dasar yang sudah dilanggar dalam kehidupan seorang
bikers. Karena bikers selalu mengagung agungkan motto "brotherhood"
alias "persaudaraan" tanpa melihat latar belakang masing-masing. Kalo
sudah seperti ini...apalagi yang mau kita cari dalam dunia
per"biker"an.
Untuk sementara pilihan yang terbaik yang
bisa diambil sebagai seorang biker adalah "istirahat" dan melakukan
instropeksi terhadap sepak terjang kita selama ini. Kalo lebih banyak hal
positifnya mari kita lanjutkan, tapi kalo lebih banyak sisi negatifnya lebih
baik "back to basic" menjadi seorang biker jalanan yang independen
dan mempraktekkan safety riding atau.....carilah hobi lainnya yang lebih
menantang..tapi menyehatkan..yaitu "bersepeda ria ". Mau di jalanan,
di bukit, di kebun-kebun, bahkan down hill semuanya asyik dan menyehatkan.
Hidup adalah pilihan. Silahkan pilih mana yang terbaik menurut kalian semua.
PENGALAMAN PERTAMA MENJADI SEORANG BIKER
Tak terasa sudah empat tahun lamanya saya
bergabung dengan klub honda tiger (HTOG Jakarta). Sepanjang perjalanan dari
tahun ke tahun banyak pengalaman dan hal hal baru yang saya jumpai selama
menjadi seorang biker. Saya pertama masuk klub tiger pada akhir tahun 2006
dimana secara tidak sengaja saya bertemu dengan salah seorang tiger biker yang
sedang berkunjung ke rumah temennya di komplek perumahan saya. Dasar emang dari
awalnya sudah ngebet pengen ikut klub motor maka saya nekad berkenalan dan
nanya tentang apa saja yang berkaitan dengan seorang tiger biker.
Pucuk dicinta ulampun tiba, ternyata si mas bro yang
belakangan gue ketahui bernama Bro Heri ini tidak pelit untuk berbagi cerita
dan pengalaman. Dari sinilah awal petualangan saya sebagai tiger biker dimulai.
Saya dateng ke tempat tongkrongan bro heri di kawasan Jakarta Selatan atau
tepatnya di samping Gedung Bulog. Waktu menunjukkan pukul 22.00 WIB ketika
dengan penuh semangat saya pacu motor tiger menuju tempat tongkrongan HTOG.
Ternyata begitu sampai ditempat kopdar tersebut sudah tampat beberapa orang
brothers lainnya. Saya ikuti prosedur pendaftaran dan berkenalan dengan
temen-temen biker lainnya. Mereka datang dari berbagai latar belakang profesi
dan motivasi. Gaul juga mereka itu tanpa melihat siapa saya. Malam itu saya
langsung diajak meluncur turing menuju jambore nasional di cilegon Banten. Wow
dasyat men.. begitu teriak hati kecil saya. Perjalanan dimulai sekitar pukul
00.30 WIB. Busyet ngantuk banget bro...pengalaman pertama begadang di atas
pukul 12 malem. Kami berjalan beriringan menuju arah cilegon banten. namun tak
seperti bayangan saya sebelumnya dimana kami akan memacu
kendaraan dalam speed tinggi karena ternyata eh ternyata yang menjadi
fooraijder kami yang terdepan adalah HTOG 001 yang terkenal pelan dalam memacu
motor. Kantuk melanda sepanjang perjalanan hingga kami beristirahat di gerbang
perumahan citra raya tangerang.
Di situ kami dijemput oleh tim panitia
jambore nasional honda tigeryang akan mengantar kami ke tempat acara. Di sini
baru terasa naik motor tiger karena ternyata penjemput kita memacu motor tiger
diatas kecepatan 80 km/jam. Ketika sampai di tempat acara waktu menunjukkan
pukul 05.00 wib. Kejadian unik selanjutnya sungguh di luar bayangan saya. kami
seperti gelandangan yang tak tentu arah mo menginap di mana tanpa ada
kepastian. Jalan ke sana kemari nggak tentu arah sembari mata sudah tidak dapat
menahan lagi kantuk yang luar biasa. Setelah terlunta lunta sekian lama
akhirnya beberapa orang memutuskan untuk menginap di hotel dengan cara saweran.
Alhamdulillah akhirnya bisa tidur nyenyak. Sore hingga malem hari acara Jamnas
honda tiger digelar.
Manajemen Touring Sebagai Sebuah Keharusan
Touring adalah salah satu kegiatan anak
motor yang sangat mengasyikkan sekaligus menantang untuk dilakukan. Namaun
touring tidaklah cukup bermodal semangat yang menggebu-gebu. Ada beberapa hal
yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum, selama dan sesudah touring.
Sebagai pembesut Motor Tiger dan anggota club Tiger (Honda Tiger Owners
Group-Jakarta 019) yang sudah malang melintang dalam dunia pertouringan selama
3 tahun lebih dan menjalani touring dari seluruh pulau Jawa-Bali-Lombok dan
Sumbawa serta Trans Sumatra - 0 km Sabang Aceh penulis ingin berbagi pengalaman
tentang begitu pentingnya manajemen touring.
Manajemen dalam pengertian umum berarti
merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengkoordinasi dan evaluasi
kegiatan. Dalam kegiatan touring dapat dibagi menjadi 3 bagian. Pertama:
Kegiatan Perencanaan : terdiri dari Pembentukan Koordinator lapangan dan
kepanitiaan kecil yang bertugas mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi
mengenai daerah tujuan touring, melakukan survey dan membuat kalkulasi berapa
biaya yang harus dikeluarkan seorang anggota club apabila ingin mengikuti
kegiatan touring tersebut dan berapa lama perjalanan pulang pergi yang akan
ditempuh dalam touring. Hal ini penting karena tiap anggota club dapat
memposisikan dirinya apakah dengan spare waktu yang telah direncanakan itu
dapat mengikuti kegiatan touring tersebut. Pembentukan korlap ini penting baik
buat touring dalam rangka menghadiri anniversay sebuah club lain atau acara
touring resmi yang diadakan oleh klub itu sendiri.
Tahap kedua adalah berkoordinasi dengan
Ketua umum klub dan jajarannya untuk dapat menginformasikan dan memprovokasi
anggota klub bahwa touring ini adalah touring yang menarik dan menantang untuk
diikuti. Dalam hal ini biasanya divisi humas mempunyai peranan yang cukup vital
untuk menyebarkan informasi secara utuh. Tahap ketiga adalah melakukan
registrasi terhadap anggota-anggota yang ikut dalam kegiatan touring tersebut.
Korlap harus mendata masing -masing anggota yang ikut karena tiap anggota
mempunyai "jam terbang" yang berbeda-beda dan mengingatkan tiap
anggota yang ikut touring untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.
Motor harus dalam kondisi prima, kondisi
fisik biker harus fit, mendapatkan ijin dari keluarga, mempersiapkan
barang-barang yang harus dibawa disesuaikan dengan kondisi cuaca dan yang
penting juga "isi dompet" harus cukup dalam arti tidak hanya untuk
ngisi bensin dan makan tetapi juga untuk iuran saweran biaya bersama dan uang
taktis kalo muncul kendala di jalan yang tidak diduga sebelumnya. Tahap Kedua
adalah pelaksanaan touring. Setelah semua peserta touring berkumpul di
basechamp atau tempat yang ditentukan maka dilakukan briefing dulu sebentar,
berdo'a bersama mohon keselamatan dan kelancaran selama perjalanan serta
pembagian grup siapa yang menjadi forraijder (paling depan) posisi blocking
(tengah) dan sweeper (paling belakang).
Penunjukan ini disesuaikan dengan jam
terbang masing-masing biker dan memberikan perhatian khusus bagi Ca-ang (calon
anggota) yang belum pengalaman. Selama perjalanan harus selalu menjaga
ketertiban dan kekompakan bersama. Speed touring disesuaikan dengan kondisi
jalan dan idealnya tiap dua jam atau maksimal tiga jam perjalanan harus
diselingi istirahat supaya badan tetap bugar. Di lokasi acara yang perlu
diperhatikan oleh biker adalah ber"sosialisasi" dengan anak klub
motor lainnya. Ada kecenderungan begitu sampai di lokasi acara para biker tetep
ngumpul dengan komunitasnya sendiri. Anak biker bilang nggak mau gaul.
Menurut penulis moment yang paling penting
pada saat acara berlangsung adalah mencoba berkenalan, tukar no HP dengan anak-anak
klub lain apalagi dari daerah. Hal ini penting karena suatu saat pasti akan
bermanfaat pada saat kita melakukan touring melewati daerah teman dari klub
lainnya tersebut. Jangan lupa tukar2 emblem, stiker atau bahkan kaos klub
sebagai tanda persahabatan. Satu hal yang nggak boleh lupa adalah membawa
"semacam trophy klub" untuk kenang-kenangan klub yang mengadakan
acara.
Selain itu yang perlu diingat oleh setiap
biker adalah kedewasaan masing-masing pada saat acara karena acara klub
biasanya tidak jauh dari minuman keras dan perempuan juga. Oleh karena itu
masing-masing biker harus bisa memposisikan diri masing-masing karena itu
hanyalah sebuah pilihan. Tahap selanjutnya ketika perjalanan pulang, pimpinan
rombongan harus mengecek kondisi motor dan orang-orang dalam rombongan,
brifieng dan berdoa bersama. Sekali lagi penulis ingatkan bahwa kekompakan tim,
rasa senasib dan tenggang rasa, kesabaran harus selalu dijaga dalam perjalanan.
Setelah perjalanan dilalui dengan mulus dan kembali lagi dengan selamat, dilakukan
briefing lagi, berdoa dan tim dibubarkan dengan saling memaafkan apabila ada
kejadian-kejadian di jalan yang sempat membuat suasana tidak nyaman dan pelukan
keberhasilan.
Tidak lupa dokumentasi selama perjalanan
untuk di upload dalam website klub dan dibuatkan laporannya. Demikianlah
sekilas manajemen touring yang bisa penulis bagi kepada para biker lainnya.
Keep On Rolling...!!!
MENJADI ANAK CLUB MOTOR YANG BAIK
Sebagai seorang anggota club motor tiger,
gue ingin berbagi pengalaman bagaimana menjadi anak club yang "dianggap
baik". Banyak sekali fenomena fenomena unik yang terjadi dalam sebuah club
motor tiger. Ada club yang terorganisir dengan rapi, taat asas dan anggota club
mencapai ratusan orang, ada yang biasa-biasa saja dengan kegiatan yang
biasa-biasa saja dengan anggota lima puluhan motor, ada juga yang nampang nama
doank dengan anggota yang pas-pasan kalo boleh dibilang hidup segan mati tak
mau. Kenapa club bisa seperti itu? jawabannya adalah semua tergantung dari
anggota club.
Suatu club motor tiger bisa menjadi besar
dan hebat bahkan disegani oleh club tiger lainnya kuncinya adalah pada
sejauhmana kontribusi dan peranan yang diberikan anggota pada clubnya. Semakin
berkualitas anggota club semakin bagus sebuah club. Pertanyaan selanjutnya
adalah bagaimana menjadi anggota club yang baik. Menjadi anggota club yang baik
dapat dilihat dari beberapa ukuran dan parameter. Pertama : menjadi anggota
aktif dalam arti terdaftar secara resmi sebagai anggota club dan aktif
mengikuti semua kegiatan yang diagendakan oleh club. mulai dari kopi darat
seminggu sekali, anjangsana ke club tiger lainnya, rajin touring baik acara
anniversary sebuah club atawa acara touring resmi club itu sendiri. Kedua:
rajin bayar iuran karena iuran adalah darah bagi suatu club.
Bagi anak motor tiger 10 ribu dua puluh ribu
tiap bulan bukanlah jadi masalah apabila dibandingkan dengan royalnya mereka
membeli aksesoris tambahan bagi motornya yang mencapai jutaan rupiah. Ketiga,
apabila ditunjuk menjadi pengurus maka laksanaknlah tugas dengan sebaik-baiknya
dan kreatif inovatif sehingga club menjadi sebuah organisasi yang dinamis dan
tidak monoton. satu hal yang harus dipegang oleh brother-brother semua adalah
sebuah prinsip prioritas: Nomor satu adalah keluarga kedua karir dan pekerjaan,
dan yang ketiga baru hobby kita maen motor. Okay bro sekian dulu...keep
rollin'.
Manfaat positif yang saya dapatkan dari
hobbi ini adalah mempunyai banyak saudara dari penjuru Barat, Timur, Utara,
Selatan Indonesia dan juga bisa mengetahui kendala – kendala dalam permesinan
motor.
Sisi negatif dari hobbi ini, banyak waktu
yang terbuang apalagi saat touring bisa menghabiskan waktu yang panjang dan
pastinya bisa menguras ekonomi.
mantap. thanks atas ceritanya bro.
BalasHapusboleh ikutan nggak brooo,
BalasHapusboleh mintak no hp ya nggak
BalasHapusmantab brooooo
BalasHapusBagus ceritanya bro. Salam kenal
BalasHapusSALAM SATU ASPAL DUA JALUR LUR....
BalasHapusHEHEHE.......
Mantap brooo
BalasHapusJangan lupa mampir hehe
http://duniaclubbikers.blogspot.co.id/
terima kasih atas motivasi dan gagasan nya.
BalasHapussemoga bermaanfaat bagi semua nya (positivif).
Respect bro. Salam kenal awank M-086 maung bogor riders team (Mabort)
BalasHapusRespect bro. Salam kenal awank M-086 maung bogor riders team (Mabort)
BalasHapusRespect bro. Semua adalah demi kesenangan, jadi anak motor kadang menambah masalah. Tapi disitulah nimatnya, banyak pengalaman yang bisa diambil selama kita bejek gas bersama-sama.
BalasHapussaya kepala 4 lebih, insya Alloh maseh spirit broo.....semangat is the biggest
BalasHapusAh buang2 waktu. Gk ada manfaat bagi org banyak, cuma kepuasan pribadi doang. Mending uang bensin lu sumbangin buat makan org yg gk punya. Gaya2an. Lu pada kerja kgk, mending urusin keluarga lebih bermanfaat.
BalasHapusLu mau keliling dunia jg faedahnya cuma buat diri lu sendiri. Gk ada manfaat buat org lain. Kecuali lu touring itu sumbang masjid atau masyarakat setempat bukan cuma numpang lewat. Malah ngerepotin, minta makan lah, numpang tidur lah. Biker ampas.
Mulut ente yg AMPAS...
Hapusyuk pencinta togel online
BalasHapusgabung bersama kami di togel terbaik dan terpecaya
Info lebih lanjut silakan hubungi CS kami..
Telp : +85581569708
BBM : D8E23B5C
Line : togelpelangi
Link: http://www.togelpelangi.com/
bandarq
BalasHapusMarioqq
Kontes SEO
MarioQQ SEO
Cerita Rakyat Indonesia
Berita Viral
Berita Terkini
Lucinta Luna Hamil!
Marioqq
bandarq
agen bandarq
domino99
aduq
bandar66
kakek gokil
Linkaja88 Situs Judi Online Linkaja yang menyediakan berbagai jenis permainan taruhan online menggunakan aplikasi linkaja, tersedia taruhan sabung ayam online, casino live, slot, tembak ikan, taruhan bola, poker online, dan masih banyak yang lainnya. Lengkap dan aman...
BalasHapusTersedia Bonus :
• Bonus Deposit Pertama 10%
• Bonus Cashback 5% - 10%
• Bonus Referral 7% + 2% (Seumur Hidup)
• Bonus Rollingan 0.5% + 0.7%
• Promo Terbaru ! Berhasil Menang 8x Secara Beruntun ( Bonus 100% )
Promo Bagi-Bagi Hadiah ! Event ini mulai 1–30 Desember 2019 !
» Smartphone Samsung Galaxy S10
» Smartphone Vivo V17 Pro
» Smartphone Xiaomi Note 7
» Smartphone Oppo Reno 2
» Smartphone Advan G3
Link Pendaftaran Via Linkaja : https://bit.ly/30LagzH
Link Layanan 24 Jam Online Linkaja : https://bit.ly/31SZvwy
Kunjung Linkaja :
» Pasaran Bola Liga Champions 27 November 2019
» Bursa Taruhan Bola UEFA Champions League
» Situs Judi Bola Liga Champions