Klasifikasi Ilmu

Nama              : Rudyansyah
NPM               : 1A111218
Kelas               : 4KA29
Mata Kuliah  : Ilmu Budaya Dasar

KLASIFIKASI ILMU

ILMU ALAMIAH DASAR
Prof Dr.Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokan dalam tiga kelompok besar yaitu :

1. ILMU ALAM DASAR
Ilmu  alam atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.
A. MANUSIA
Manusia adalah mahluk yang lemah dibandigkan mahluk lain. Namun dengan akal budinya  serta kemauan yang kuat manusia dapat mengembangkan kemampuan dan teknologi. Dan dengan ilmu pengetahuan manusia bisa hidup lebih baik lagi . Manusia adalah sebaik-baiknya mahluk yang telah di ciptakan tuhan . Patutnya syukurilah nikmat yang diberikan oleh Tuhan yang maha esa karena dengan nikmatnya kita diberikan akal untuk berfikir , membedakan yang baik dan buruk juga dapat memperoleh ilmu pengetahuan .
Sifat manusia selalu tidak pernah puas , maka ketersediaan sumber daya yang terbatas tidak bersesuaian dengan keinginan manusia yang tidak terbatas . Manusia pun mempunyai keinginan rasa ingin tahu terhadap rahasia alam , selalu mencoba mencari jawaban dengan pengamatan dan penggunaan pengalaman . Pengetahuan baru dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan disebut mitos .


B. MITOS
Pengetahuan baru dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan disebut mitos . Cerita – cerita pada mitos disebut legenda. Kebenaran mitos masih bersifat simpang siur karena tidak ada bukti yang otentik dan disebarkan melalui cerita dari mulut ke mulut (lisan . Mitos dapat diterima karena keterbatasan pengindraan , penalaran , dan hasrat ingin tahu yang harus di penuhi. Puncak pemikiran mitos adalah pada zaman Babilonia yaitu kira-kira 700-600 SM . Pengetahuan dan ajaran tentang orang Babiloniasetengahnyamerupakan dugaan, imajinasi,  kepercayaan , atau mitos. Pengetahuan ini disebut pseudo science (sains palsu). Ini adalah ilmu pengetahuan yang masih diragukan kebenarannya .


Sumber : Prof Dr.Harsya Bactiar - Uncategorized


2. ILMU SOSIAL DASAR
Ilmu sosial dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah social yang timbul dan berkembang, khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social. pengetahuan yg menelaah masalah2 sosial, khususnya masalah – masalah yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori – teori yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).
Masalah-masalah sosial yang timbul didalam masyarakat bisasnya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang berkaitan. Konsorsium antar bidang telah menetapkan bahwa ilmu sosial dasar terdiri dari 8 pokok bahasan yaitu:
  • Masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyrakat dan kebudayaan 
  • Masalah Individu, keluarga, dan masyarakat 
  • Masalah pemuda dan sosialisasi 
  • Masalah hubungan antara warga Negara dan Negara 
  • Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat 
  • Masalah masyrakat perkotaan dan perdesaan 
  • Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi 
  • Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat
3.      ILMU BUDAYA DASAR


Secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.
Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan :
  • Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam 
  • Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran 
  • Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi 
  • Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah dan budaya nasional 
Ilmu Budaya Dasar merupakan pengetahuan tentang perilaku dasar-dasar kebudayaan manusia, antara lain :
  • Sistem Religi/ Kepercayaan 
  • Sistem organisasi kemasyarakatan 
  • Ilmu Pengetahuan Bahasa dan kesenian 
  • Mata pencaharian hidup 
  • Peralatan dan teknologi
Ilmu budaya dasar bukan ilmu sastra, ilmu tari, ilmu filsafat atau ilmu-ilmu lainnya yang ada dalam ilmu pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempergunakan karya-karya yang terdapat dalam pengetahuan budaya untuk mendekati maslah-masalah kemanusiaan dan budaya.


Sumber :
Sukamto punya ceritanya, Median Kurniawan dan diposkan oleh Galih
Wisnu Ardiansyah posted on 3 oktober 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...